Contoh Tautan dengan Gambar masbabal
Contoh Tautan dengan Gambar masbabal

Apa Itu Quick Count? Ini Cara Lihat Hitung Cepat Pemilu 2024

Apa Itu Quick Count Ini Cara Lihat Hitung Cepat Pemilu 2024
Apa Itu Quick Count Ini Cara Lihat Hitung Cepat Pemilu 2024

Hitung Cepat Pemilu 2024 – Apa Itu Quick Count? Ini Cara Lihat Hitung Cepat Pemilu 2024. Pemungutan suara dilakukan untuk memilih calon legislatif dan eksekutif di pemilihan umum (Pemilu). Setelah pemungutan suara, akan dilakukan penghitungan suara atau rekapitulasi suara. Salah satunya menggunakan Quick Count, apa itu?

Selain Quick Count, penghitungan suara Pemilu di Indonesia juga menggunakan Exit Poll dan Real Count. Quick Count hampir sama dengan Exit Poll karena menggunakan metode hitung cepat.

Meski begitu, real count menjadi metode rekapitulasi yang valid dan hasilnya mutlak untuk menentukan pemenang Pemilu. Metode penghitungan suara berjenjang ini sesuai perundang-undangan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu

Apa Itu Quick Count?

Melansir laman Hukum Online, Quick Count adalah perhitungan cepat untuk mengetahui hasil Pemilu secara prediktif dan cepat pada hari pemungutan suara. Quick Count dilakukan dengan menghitung persentase hasil Pemilu di tempat pemungutan suara atau TPS yang dijadikan sampel.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak mengeluarkan metode penghitungan suara ini. Jadi, Quick Count sifatnya lebih sebagai prediksi hasil berdasarkan sebagian data dari TPS.

Proses Quick Count

Dikutip dari laman UMSU, terdapat tiga proses penghitungan cepat dengan metode ini. Mulai dari sampling TPS, perhitungan cepat, hingga pengumuman cepat. Berikut penjelasannya.

  1. Sampling TPS
    Pada proses ini, lembaga-lembaga yang melakukan Quick Count mengambil sampel data dari sejumlah TPS. Sampel yang diambil tidak boleh sembarangan. Jadi, harus representatif untuk memastikan hasil akurat.
  2. Perhitungan Cepat
    Data-data yang didapat dari sampel di sejumlah TPS tersebut dihitung dengan cepat. Kemudian data-data tersebut diolah untuk mendapatkan proyeksi hasil pemilu secara keseluruhan.
  3. Pengumuman Cepat
    Penghitungan yang cepat dilakukan untuk mengetahui hasil rekapitulasi pemilu secara cepat pula. Tujuannya tentu saja untuk secepat mungkin mengumumkan hasil proyeksinya kepada masyarakat. Bahkan, biasanya Quick Count sudah keluar pada malam hari setelah pemilu.
Baca Juga  Hakim Menangkan Gugatan Partai Prima, Perintahkan Pemilu Diundur Juli 2025

Kelebihan dan Kekurangan Quick Count

Seperti namanya, Quick Count memiliki kelebihan pada hasil proyeksi yang didapat dengan cepat untuk memberikan gambaran awal hasil pemilu kepada masyarakat. Metode penghitungan ini juga sebagai monitoring awal sehingga masyarakat dapat mengikuti perkembangan hasil sara sejak awal.