BLU itu apa sih? Pengertian Badan Layanan Umum

BLU itu apa sih Pengertian Badan Layanan Umum

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hingga Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bercerita soal Badan Layanan Umum (BLU) yang ada di Kementeriannya. BLU itu apa sih?

Tentang BLU (Badan Layanan Umum)

Badan Layanan Umum merupakan sebuah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

“BLU bukanlah entitas mencari keuangan. Meskipun pendapatan BLU mencapai 108% dari targetnya,” kata Sri Mulyani di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Layanan Umum (BLU) di Dhanapala, Selasa (26/2/2019).

Dana BLU, lanjut Sri Mulyani nantinya dikumpulkan untuk membangun sesuatu. Misalnya BLU Jalan tol, maka akan digunakan untuk pembebasan lahan jalan tol.

“Oleh karena itu, Kementerian harus mampu mengelola dana BLU ini dengan baik. Diharapkan antara BLU di masing-masing Kementerian bisa saling koordinasi,” tutur Sri Mulyani.

“BLU Pendidikan, BLU Kesehatan bisa saling kerja sama nantinya. Bagaimana pengelolaan BLU bisa berguna bagi masyarakat pada umumnya.”

BLU sendiri menurut Sri Mulyani bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, dan penerapan praktek bisnis yang sehat.

Sumber berita : cnbcindonesia.com(26/02/19)