Contoh Soal Literasi Essay Pilihan Ganda Lengkap Jawaban

Aksi Nyata Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Soal Literasi Essay – Contoh Soal Literasi adalah pertanyaan atau perintah yang meminta seseorang untuk membaca, menganalisis, atau mengaplikasikan informasi yang diterima melalui teks atau bahan bacaan lainnya.

Contoh soal literasi dapat berupa soal pilihan ganda, soal uraian, atau perintah untuk menjelaskan, mengambil kesimpulan, atau mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dari teks yang dibaca. Soal-soal literasi ini digunakan untuk mengevaluasi kemampuan literasi seseorang, seperti kemampuan membaca, menulis, dan mengerti informasi yang tersedia.

Pengertian Literasi

Literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, dan mengerti informasi yang tersedia, serta mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam situasi sehari-hari. Literasi juga dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk memahami dan mengevaluasi informasi yang diterima, serta mengaplikasikannya dalam berbagai situasi dan konteks.

Contoh soal literasi Essay:

1. Baca paragraf berikut dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang sesuai:

“Pada hari Minggu, keluarga saya dan saya pergi ke taman. Kami menikmati pemandangan yang indah dan berjalan-jalan di sekitar taman. Kami juga bermain-main di taman bermain yang ada di sana. Kami juga memesan makanan di kafe yang ada di taman dan menikmati makan siang bersama-sama.”

a. Di hari apa keluarga penulis pergi ke taman?

b. Apa yang dilakukan keluarga penulis di taman?

c. Apakah ada kafe di taman yang dikunjungi keluarga penulis?

2. Analisis teks berikut dan jawab pertanyaan-pertanyaan yang sesuai:

“Kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia telah menunjukkan hasil yang positif dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang lulus dari sekolah dasar dan menengah, serta peningkatan kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa. Namun, masih ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.”

Baca Juga  Ruang Lingkup Deskripsi Singkat Literasi Numerasi

a. Apa tujuan dari kebijakan pemerintah yang dibahas dalam teks ini?

b. Bagaimana hasil dari kebijakan pemerintah tersebut dalam beberapa tahun terakhir?

c. Apakah masih ada tantangan yang harus dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia?

Jawaban:

Jawaban Soal No 1

a. Di hari Minggu

b. Keluarga penulis menikmati pemandangan indah dan berjalan-jalan di sekitar taman, bermain di taman bermain, dan memesan makanan di kafe di taman serta menikmati makan siang bersama-sama

c. Ya, ada kafe di taman yang dikunjungi keluarga penulis

Jawaban Soal No 2

a. Tujuan dari kebijakan pemerintah yang dibahas dalam teks ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

b. Hasil dari kebijakan pemerintah tersebut dalam beberapa tahun terakhir adalah peningkatan jumlah siswa yang lulus dari sekolah dasar dan menengah, serta peningkatan kualitas pendidikan yang diterima oleh siswa.

c. Ya, masih ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Contoh soal literasi Pilihan Ganda

1. Baca paragraf berikut dan pilih jawaban yang paling tepat:

“Kota Y adalah kota terbesar di negara X. Kota Y memiliki penduduk sekitar 5 juta jiwa dan merupakan pusat bisnis dan pariwisata negara X. Kota Y juga dikenal dengan kebudayaannya yang kaya dan beragam, serta sejarahnya yang panjang dan kaya. Kota Y juga memiliki transportasi yang baik dan infrastruktur yang modern.”

a. Kota Y adalah kota terkecil di negara X

b. Kota Y memiliki penduduk sekitar 5 juta jiwa dan merupakan pusat bisnis dan pariwisata negara X

c. Kota Y dikenal dengan kebudayaannya yang sederhana dan monoton

2. Analisis teks berikut dan pilih jawaban yang paling tepat:

“Kebijakan pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran di negara Z telah menunjukkan hasil yang negatif dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan jumlah pengangguran dan kesulitan bagi para pengangguran untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Namun, pemerintah berharap dapat mengatasi masalah ini dengan memperluas program-program yang ada dan menciptakan program-program baru yang lebih efektif.”

Baca Juga  Identifikasi Masalah Pedagogik Literasi dan Numerasi

a. Kebijakan pemerintah untuk mengurangi tingkat pengangguran di negara Z telah menunjukkan hasil yang positif dalam beberapa tahun terakhir.

b. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan jumlah pengangguran dan kesulitan bagi para pengangguran untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

c. Pemerintah berharap dapat mengatasi masalah ini dengan menghapus program-program yang ada.

Jawabannya:

1. b

2. b

3. Baca paragraf berikut dan pilih jawaban yang paling tepat:

“Kota A memiliki iklim yang cukup panas dan lembab sepanjang tahun. Kota ini juga sangat terkenal dengan keindahan pantai-pantainya yang menawan dan keramaian malam hari. Kota A juga memiliki banyak tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Namun, Kota A juga memiliki masalah yang cukup serius yaitu masalah tingginya tingkat polusi udara dan air.”

a. Kota A memiliki iklim yang dingin dan kering sepanjang tahun

b. Kota A sangat terkenal dengan keindahan pantai-pantainya yang menawan dan keramaian malam hari

c. Kota A tidak memiliki masalah polusi sama sekali

4. Analisis teks berikut dan pilih jawaban yang paling tepat:

“Proyek pembangunan jembatan baru di Kota B telah selesai dikerjakan dalam waktu yang cepat dan biaya yang lebih rendah dari yang diperkirakan. Proyek ini sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas antar wilayah di Kota B dan meningkatkan mobilitas penduduk. Namun, proyek ini juga menimbulkan masalah lingkungan yang cukup serius karena penebangan hutan yang dilakukan untuk membuat jembatan tersebut.”

a. Proyek pembangunan jembatan baru di Kota B telah selesai dikerjakan dalam waktu yang lama dan biaya yang lebih tinggi dari yang diperkirakan

b. Proyek ini sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas antar wilayah di Kota B dan meningkatkan mobilitas penduduk

c. Proyek ini tidak menimbulkan masalah lingkungan sama sekali

Baca Juga  Integrasi IPAS, Literasi dan Numerasi

Jawabannya:

3. c

4. b

Sumber: https://www.masbabal.com/2023/01/pengertian-dan-contoh-soal-literasi.html