Contoh Tautan dengan Gambar masbabal
Contoh Tautan dengan Gambar masbabal

Gusti Ayu Putri Saptawati, Pengembang Sirekap Senilai 3,5M?

Gusti Ayu Putri Saptawati Pengembang Sirekap Senilai 35M

Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati Soekidjo, M.Comm saat ini menjabat Wakil Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB). Namanya menjadi sorotan sejak kisruh aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) Pemilu 2924 semakin ramai.

Sirekap adalah aplikasi yang berfungsi untuk mempublikasikan hasil suara pemelihan umum yang ditampilkan pada real count pada website pemilu2024.kpu.go.id. Namun sejak awal penghitungan suara sementara (quick count) hasil Pemilu 2024 pada  tanggal 15 Februari lalu, timbul banyak kontroversi karena terlihat pengurangan dan penambahan jumlah suara yang sangat besar dalam kalkulasi perolehan suara Capres/Cawapres.

Aplikasi Sirekap

Sirekap adalah aplikasi yang berfungsi sebagai sarana publikasi hasil penghitungan suara dan alat bantu rekapitulasi hasil suara Pemilu 2024. Aplikasi ini dianggap sebagai sumber kekacauan dan kecurangan di Pemilu 2024. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyarankan agar publikasi real count Pemilu 2024 melalui Sirekap dihentikan sementara karena banyak ketidaksesuaian perolehan suara di TPS dengan aplikasi Sirekap.

Baca Juga  Hakim Menangkan Gugatan Partai Prima, Perintahkan Pemilu Diundur Juli 2025