Jadi Menpora, Dito Ariotedjo Siap Tinggalkan RANS : Agar Tak Ada Konflik Kepentingan

Jadi Menpora Dito Ariotedjo Siap Tinggalkan RANS Agar Tak Ada Konflik Kepentingan

Ilmurakyat.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menjamin akan mundur dari RANS usai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai menteri. Dito dilantik Jokowi pada Senin (3/4/2023) menggantikan seniornya di Partai Golkar, Zainuddin Amali, yang kini menjabat wakil ketua umum PSSI.

Sebelum dilantik menjadi menpora, Dito menjabat sebagai chairman RANS Nusantara FC dan RANS PIK Basketball. Ia juga pernah berkolaborasi dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor Rudy Salim membentuk Rans Sport.

“Pasti lah (mundur dari RANS). Kan otomatis sebagai menpora saya harus menaungi semua stakeholder. Jadi agar tidak ada conflict of interest saya pasti akan mundur,” kata Dito.

Dito mengaku bahwa ia resmi mundur dari posisinya di RANS per Senin (3/4), hari ketika ia dilantik menjadi menpora.

Dito Ariotedjo sendiri menjadi menteri termuda di kabinet Joko Widodo. Ia berusia 32 tahun ketika dilantik.

Di lain sisi, Dito menuturkan bahwa Jokowi telah memberinya tiga arahan untuk melaksanakan jabatan menpora. Salah satunya adalah mengutamakan cabang olahraga yang berpotensi medali di SEA Games dan Asian Games.

Dito juga menyebut Jokowi memintanya untuk melaksanakan liga-liga olahraga secara masif dan membangun ekosistem industri olahraga di Indonesia.

“Presiden sangat peduli dan ingin ekosistem sports industry Indonesia ini semakin maju dan semakin established. Pak Presiden ingin pengembangan pemuda itu lebih ke arah kewirausahaan dan juga profesionalitas, dan dengan capaian indeks pemudanya naik,” kata Dito.