Contoh Tautan dengan Gambar masbabal
Contoh Tautan dengan Gambar masbabal

Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan

yang merupakan struktur dari teks prosedur kompleks adalah

Mengembangkan teks prosedur – Menjelaskan tentang materi teks prosedur, yang terdiri dari teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks, dan teks prosedur ptotokol. Kali ini projek yang harus dikerjakan adalah membuat video teks prosedur kompleks berupa tayangan video dan dibuat sekreatif mungkin. Teks prosedur kompleks adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah atau tahapan dalam melakukan sesuatu hal, baik melakukan suatu aktivitas tertentu ataupun membuat sesuatu yang penyajiannya dengan urut.

A. Tujuan Teks Prosedur Kompleks

Tujuan dari teks prosedur kompleks adalah untuk memberikan penjelasan atau memberi petunjuk tentang langkah-langkah atau tahapan dalam mengerjakan suatu hal dengan berurutan sehingga dapat selesai.

B. Struktur Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks terdiri atas tiga struktur utama yang diantaranya bagian tujuan, bagian material dan langkah-langkah. Berikut pembahasan secara mendetailnya.

Bagian Tujuan Bagian ini menjelaskan tentang tujuan pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang ingin dicapai, seringkali berupa judul. Contohnya adalah seperti “Cara Membuat Kartu Tanda Penduduk”.
• Bagian Material Bagian ini menjelaskan informasi tentang alat dan bahan yang akan digunakan, tetapi tidak seluruh teks prosedur mempunyai bagian ini, seringkali bagian material ada di resep masakan.
• Bagian Langkah-Langkah Bagian ini menjelaskan tentang cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Bagian ini harus disusun secara berurutan karena tidak dapat diubah atau diganti-ganti.

C. Ciri-ciri teks prosedur kompleks secara umum adalah sebagai berikut:

a) Menjelaskan langkah-langkah atau tahapan-tahapan
b) SIfatnya objektif
c) Sifatnya akurat dan aktual
d) Langkah secara berlanjut dengan penjelasan
e) Memakai syarat atau pilihan
f) Sifatnya universal
g) Sifatnya logis
h) Susunannya dengna informatif
i) Penjelasannya sangat detail dan rinci

Baca Juga  Menteri PANRB: Tidak Ada Pemberhentian Massal Honorer

D. Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

  • Konjungsi atau kata hubung yang menerangkan waktu (aktivitas), seperti kemudian, setelah itu, lalu dan selanjutnya.
  • Kata kerja imperatif (perintah), yakni kata yang merupakan perintah, keharusan atau larangan
  • Verba material dan perilaku, adalah kata kerja material yang acuannya pada tindakan fisik, sedagkan verba tingkah laku adalah tindakan yang dijalankan dengan ungkapan.
  • Partisipan manusia, adalah fungsinya memeriksa apakah teks proseudr kompleks yang disunting ada partisipan manusia dan partisipan manusiannya bukan secara khusus.