Contoh Tautan dengan Gambar masbabal
Contoh Tautan dengan Gambar masbabal

Menu Buka Puasa Ramadhan Rasulullah Muhammad SAW

Menu Buka Puasa Ramadhan Rasulullah Muhammad SAW
Menu Buka Puasa Ramadhan Rasulullah Muhammad SAW

Menu Buka Puasa Ramadhan Rasulullah Muhammad SAW – Berdasarkan riwayat hadis, Rasulullah Muhammad SAW biasanya memulai berbuka puasa dengan mengonsumsi beberapa kurma dan segelas air putih. Setelah itu, beliau akan melakukan shalat Maghrib sebelum makan makanan utama.

Ketika adzan Maghrib berkumandang, umat Islam yang berpuasa disarankan untuk segera berbuka. Sepanjang Ramadhan, Rasulullah Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam (SAW) menganjurkan beberapa makanan sebagai makanan buka puasa atau iftar. Namun Nabi Muhammad SAW punya menu favorit untuk berbuka puasa. Apa saja ya?

Menu Buka Puasa Ramadhan Rasulullah Muhammad SAW

Menu Buka Puasa Ramadhan Rasulullah Muhammad SAW

1. Kurma

Dalam hadis riwayat At-Tirmizi dijelaskan, “Apabila kamu ingin berbuka, berbukalah dengan kurma. Jika tidak ada, minumlah air putih karena ia suci,” (HR At-Tirmizi).

Kurma memang makanan pokok masyarakat di Timur Tengah. Makanan ini banyak manfaatnya, salah satunya kembali menguatkan tubuh setelah puasa seharian.

Rasulullah berkata sebaik-baiknya menu sahur orang mukmin adalah kurma. Sementara kurma sebagai menu berbuka puasa ini didukung oleh pernyataan Ali al-Qori ulama madzhab hanafi mengutip keterangan at-Thibi:

“Dianjurkan menggunakan kurma di waktu sahur, karena sahur sendiri adalah keberkahan. Dan dikhususkan kurma, sehingga menjadi keberkahan bertumpuk keberkahan. Apabila kalian berbuka, hendaknya dia berbuka dengan kurma, karena kurma itu berkah. Sehingga mengawali buka dengan berkah, dan ujungnya juga berkah.” (Mirqah al-Mafatih, 6/306).

2. Madu

Dalam Alquran dijelaskan madu adalah segala obat. Rasulullah pun menjadikan madu sebagai salah satu pilihan menu buka puasa.

3. Buah Anggur

Salah satu buah favorit Rasulullah adalah anggur. Karena itu anggur menjadi makanan buka puasa Rasulullah. Apalagi buah anggur punya khasiat yang tidak main-main, yakni sebagai penguat jantung, liver, dan paru-paru.

Baca Juga  Download Imsakiyah Ramadhan 2023 Pidie

4. Air Putih

Saat buka puasa dianjurkan meminum segelas air putih. Minuman ini pun masuk dalam daftar menu kesukaan Nabi Muhammad. Tujuannya agar badan terhindar dari dehidrasi dan juga bisa menyehatkan ginjal.

5. Susu

Segelas susu tidak hanya menjadi menu sahur, tetapi juga menu berbuka puasa Rasulullah. Kandungan susu sapi, kambing, atau unta memiliki vitamin yang dapat menjaga kebugaran tubuh seharian karena mengandung protein dan kalsum yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

6. Buah Zaitun

Dari Abi Usaid Al-Anshari, Rasulullah SAW bersabda, ”makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi.” (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi). Zaitun punya khasiat yang luar biasa untuk mengobati segala macam penyakit, sehingga sangat cocok untuk menu berbuka puasa Senin-Kamis atau puasa Ramadhan.

7. Buah Delima

Buah lainnya yang menjadi kesukaan Nabi Muhammad adalah delima yang dianjurkan memakan beserta kulitnya. Buah delima dipercaya bisa mengusir setan selama 40 hari. Buah ini adalah salah satu yang masuk daftar buah surga, seperti tercantum dalam Surah Ar-Rahman ayat 86. “Di dalam kedua-dua surga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima.”

8. Buah Labu

Khasiat labu sangat baik untuk kesehatan. Apalagi ada 97 persen kandungan air dalam satu buah labu yang bagus untuk mengisi cairan di dalam tubuh kita selama berpuasa.

9. Buah Ara atau Buah Tin

Buah tin adalah buah surga tanpa biji. Buah yang juga punya nama lain Ara ini mengandung banyak khasiat seperti mengobati sembelit, penyakit usus, lambung, bisul dan haid.

Namun, perlu diingat bahwa selera dan kebiasaan makan Rasulullah SAW mungkin berbeda dengan kebiasaan makan di daerah atau budaya tertentu. Oleh karena itu, yang terpenting adalah mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi, serta menghindari makanan yang berlebihan dan tidak sehat saat berbuka puasa.