Pelantikan Pj Walikota Pekanbaru Sore Ini, DPRD Riau Harap Ada Inovasi Segar

Pelantikan Pj Walikota Pekanbaru Sore Ini
Pelantikan Pj Walikota Pekanbaru Sore Ini

IlmuRakyat.COM – Risnandar Mahiwa resmi dilantik oleh Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto, sebagai Pj Walikota Pekanbaru, Rabu (22/5/2024) malam di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau.

Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho menyatakan siap bekerja sama dengan Pj Walikota Pekanbaru yang baru. Menurutnya, sebagai pemimpin ibu kota Provinsi Riau, kerja sama antara DPRD Riau dan Pj Walikota Pekanbaru sangat penting dan perlu terus ditingkatkan.

“Pertama-tama, kita ucapkan selamat mengemban tugas kepada Pj yang baru. Kita berharap beliau bisa beradaptasi dengan sistem birokrasi pemerintahan di Pemko Pekanbaru,” ujar Agung, Kamis (23/05/2024).

Meskipun Risnandar adalah pejabat pusat, ia yakin Risnandar akan cepat beradaptasi dengan kondisi di Pekanbaru. Menurut Agung, Pekanbaru saat ini menghadapi banyak persoalan yang memerlukan kebijakan dari seorang pemimpin yang efektif.

Ia berharap Pj Walikota yang baru dapat mengambil kebijakan strategis yang tepat. Sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran seorang pemimpin.

“Tentu kita berharap ada inovasi dari Pj yang baru ini. Lanjutkan program yang ada, dan ganti atau bahkan hentikan program yang tidak efektif untuk masyarakat. Kami di DPRD Riau siap berkoordinasi dengan Pj Walikota Pekanbaru terkait program-program pemerintahan,” katanya.

Pelantikan Risnandar Mahiwa sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru berlangsung khidmat dengan kehadiran berbagai pejabat daerah.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau, Forkopimda Kota Pekanbaru, mantan Walikota Pekanbaru Firdaus, mantan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, serta Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution dan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Pekanbaru.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-1122 Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Wali Kota Pekanbaru.

Baca Juga  Kepala BNPT Klarifikasi Soal Kontrol Rumah Ibadah: Tetap Libatkan Masyarakat

Proses pelantikan termasuk pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan sumpah jabatan Pj Wali Kota Pekanbaru, yang dipimpin oleh Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto mengucapkan selamat kepada Risnandar Mahiwa dan menyebutkan bahwa pemilihan Risnandar sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru adalah keputusan terbaik setelah melalui proses seleksi yang ketat.

“Banyak pejabat yang diusulkan, semuanya baik, kita usulkan tiga orang baik, DPRD usulkan juga baik. Tapi ini yang terbaik,” ujarnya.

Dengan pelantikan ini, diharapkan Risnandar Mahiwa dapat segera beradaptasi dan mulai menjalankan tugas-tugasnya untuk kemajuan Kota Pekanbaru