Soal Pretest Bahasa Indonesia Terbaru PPG Daljab 2022

Soal Ujian Akademik Bahasa Indonesia PPG Daljab 2023

Soal Ujian Akademik Bahasa Indonesia PPG Daljab 2023. Bapak/Ibu Peserta Ujian PPG Daljab 2023, pada kesempatan ini kami akan membagikan Latihan Soal Seleksi Ujian Akademik PPG Daljab yaitu Bidang Studi Bahasa Indonesia.

DownloadSoal Ujian Akademik Bahasa Indonesia PPG Daljab 2023

Soal Pretest Bahasa Indonesia Terbaru PPG Daljab 2022

100 + Latihan Soal Pretest Bahasa Indonesia PPG Daljab

1. Cermatilah paragraf berikut!

Dalam rangka merayakan Festival Belanja 11.11, UC Browser, berkolaborasi dengan Lazada untuk menghadirkan inovasi belanja dalam bentuk beragam aktivitas in-app di UC 11.11 Shopping Festival. Kolaborasi ini dilaksanakan pada 5-11 November 2019 akan memberikan kesempatan bagi UCers untuk mendapatkan smartphone, action camera, smart activity tracker, dan produk populer lainnya secara gratis, serta voucher- voucher dengan total nilai hingga 6 miliar rupiah.

“Salah satu aktivitas in-app tersebut termasuk game “Terus Bagikan… Biar Dapat Gratisan!” di mana UCers hanya perlu membagi link dari produk yang diinginkan ke orang lain sebanyak-banyaknya, sehingga mereka mendapatkan kesempatan untuk memperoleh produk secara gratis, apabila link berhasil dibuka oleh UCers lain,” kata, Vice President, UC Web Global Business. Huaiyuan Yang’ di Jakarta. Sumber: krjogja.com dengan pengubahan

Berdasarkan aturan penulisan ejaan dan tanda baca, hal yang dapat dikritisi dari penulisan paragraf tersebut adalah …

A. penggunaan tanda baca koma (,) pada perincian barang kalimat kedua.

B. penggunaan kata tidak baku pada kalimat kedua dan keempat.

C. penggunaan beberapa kata asing, namun tidak dicetak miring.

D. penggunaan dialog yang sebenarnya tidak perlu

2. Cermatilah paragraf berikut!

Tulisan ini di buat bukan untuk membahas soal iuran BPJS yang akan melonjak dua kali lipat mulai tahun depan – yang menuai kontroversi, karena di jadikan kewajiban bagi seluruh WNI – sebab jika tidak ikut sebagai peserta atau menunggak, maka ada ancaman tak akan dapat mengurus SIM hingga paspor. Akan tetapi, ada hal menarik yang perlu dibahas yaitu tentang cara pandang publik Indonesia akan kesehatan yang kelihatannya belum beringsut apalagi berubah sejak zaman kemerdekaan. Saat keluhan sakit belum muncul, sebagian besar orang Indonesia mengatakan dirinya ‘sehat’.

Sumber: kompas.com dengan pengubahan

Penulisan kata yang tidak sesuai dengan EYD terdapat pada kalimat …

A. kedua dan ketiga, yaitu penulisan kata dibahas dan ‘sehat’.

Baca Juga  Materi Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi pdf Modul Pedagogik PPG Daljab

B. pertama, yaitu penulisan kata di buat dan di jadikan.

C. pertama, yaitu penulisan kata kontroversi.

D. ketiga, yaitu penulisan Indonesia menggunakan huruf kapital.

3. Cermatilah paragraf berikut!

Jenazah pebalap afridza syach munandar (20) yang meninggal saat mengikuti balap motor asia talent cup di sepang international circuit, sabtu, masih berada di institut perubatan forensik negara hospital kuala lumpur, malaysia. kepala satgas perlindungan wni kbri kuala lumpur yusron b ambary terlihat berada di rumah sakit bersama tim asia talent cup (atc) indonesia atau idemitsu honda indonesia charlie dan dandy, harvey dari dorna sports (penyelenggara), para pebalap dan para teknisi dari atc indonesia.

Perbaikan penggunaan huruf kapital pada paragraf tersebut yang tepat yaitu …

A. Jenazah pebalap Afridza Syach Munandar (20) yang meninggal saat mengikuti balap motor asia talent cup di Sepang International Circuit, Sabtu, masih berada di Institut Perubatan Forensik Negara Hospital Kuala Lumpur, Malaysia. Kepala satgas perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur Yusron B Ambary terlihat berada di rumah sakit bersama Tim Asia Talent Cup (ATC) Indonesia atau Idemitsu Honda Indonesia Charlie dan Dandy, Harvey dari Dorna Sports (penyelenggara), para pebalap dan para teknisi dari ATC Indonesia.

B. Jenazah pebalap Afridza Syach Munandar (20) yang meninggal saat mengikuti balap motor asia talent cup di Sepang International Circuit, Sabtu, masih berada di Institut Perubatan Forensik Negara Hospital Kuala Lumpur, Malaysia. Kepala satgas perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur Yusron B Ambary terlihat berada di rumah sakit bersama tim asia talent cup (ATC) Indonesia atau Idemitsu Honda Indonesia Charlie dan Dandy, Harvey dari Dorna Sports (penyelenggara), para pebalap dan para teknisi dari ATC Indonesia.

C. jenazah pebalap Afridza Syach Munandar (20) yang meninggal saat mengikuti balap motor asia talent cup di Sepang International Circuit, Sabtu, masih berada di Institut Perubatan Forensik Negara Hospital Kuala Lumpur, Malaysia. kepala satgas perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur Yusron B Ambary terlihat berada di rumah sakit bersama tim asia talent cup (ATC) Indonesia atau Idemitsu Honda Indonesia Charlie dan Dandy, Harvey dari Dorna Sports (penyelenggara), para pebalap dan para teknisi dari ATC Indonesia.

D. Jenazah pebalap Afridza Syach Munandar (20) yang meninggal saat mengikuti balap motor Asia Talent Cup di Sepang International Circuit, Sabtu, masih berada di Institut Perubatan Forensik Negara Hospital Kuala Lumpur, Malaysia. Kepala Satgas Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur Yusron B Ambary terlihat berada di rumah sakit bersama Tim Asia Talent Cup (ATC) Indonesia atau Idemitsu Honda Indonesia Charlie dan Dandy, Harvey dari Dorna Sports (penyelenggara), para pebalap dan para teknisi dari ATC Indonesia.

Baca Juga  Download Soal Bahasa Indonesia Kelas X SMK Semester 2 BAB 8 PDF

4. Cermatilah paragraf berikut!

menurut badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (bmkg) hujan sudah terjadi hampir di sebagian besar wilayah di indonesia. berbagai penyakit seperti pilek, flu hingga demam berdarah pun mengintai di depan mata. oleh karena itu, kita harus dapat menjaga kesehatan agar tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sebaik mungkin.

Sumber: kompas.com

Penulisan paragraf yang sesuai dengan EYD adalah …

A. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan sudah terjadi hampir di sebagian besar wilayah di Indonesia. Berbagai penyakit seperti pilek, flu hingga demam berdarah pun mengintai di depan mata. Oleh karena itu, kita harus dapat menjaga kesehatan agar tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sebaik mungkin.

B. Menurut badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) hujan sudah terjadi hampir di sebagian besar wilayah di Indonesia. berbagai penyakit seperti pilek, flu hingga demam berdarah pun mengintai di depan mata. Oleh karena itu, kita harus dapat menjaga kesehatan agar tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sebaik mungkin.

C. Menurut badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) hujan sudah terjadi hampir di sebagian besar wilayah di Indonesia. berbagai penyakit seperti: pilek, flu hingga demam berdarah pun mengintai di depan mata. Oleh karena itu, kita harus dapat menjaga kesehatan agar tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sebaik mungkin.

D. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan sudah terjadi hampir di sebagian besar wilayah di Indonesia. Berbagai penyakit seperti: pilek, flu hingga demam berdarah pun mengintai di depan mata. Oleh karena itu, kita harus dapat menjaga kesehatan agar tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sebaik mungkin.

5. Cermatilah paragraf berikut!

BMKG memberikan peringatan dini akan potensi terjadinya angin kencang di kabupaten pandeglang bagian barat dan selatan, dan kabupaten lebak bagian selatan. BMKG juga memperingatkan adanya gelombang tinggi di Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Banten, dan Samudera Hindia di selatan Banten. Suhu udara di Banten berkisar 23-33 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 60-95 persen. Angin berhembus dari arah Barat Laut hingga Tenggara dengan kecepatan 05-30 km/jam.

Baca Juga  Soal Uji Pengetahuan PPG Biologi Lengkap Pembahasan

Sumber: kompas.com dengan pengubahan

Hal yang dapat dikritisi pada kalimat pertama yaitu …

A. penggunaan singkatan BMKG di awal paragraf, seharusnya ditulis lengkap.

B. penulisan kabupaten pandeglang dan kabupaten lebak seharusnya menggunakan huruf kapital di awal kata.

C. penggunaan kata hubung ‘dan’ yang berlebihan sehingga tidak efektif.

D. penggunaan keterangan tempat terlalu banyak sehingga kalimat tidak jelas.

6. Cermatilah paragraf berikut!

Munandar adalah pebalap yang […] di musim 2019 IATC, […] dua kemenangan, dua tempat kedua dan dua finis di tempat ketiga dalam satu musim yang membuatnya siap […] untuk kejuaraan akhir pekan ini. FIM, FIM Asia, Dorna Sports, dan semua yang ada di Idemitsu Asia Talent Cup […] belasungkawa terdalam kepada keluarga, teman dan orang-orang terkasih Munandar.

Sumber: kompas.com dengan pengubahan

Kata verba yang sesuai untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah …

A. tersohor, meraih, berebut, menyampaikan

B. menonjol. meraih, bertarung, menyampaikan

C. menonjol, meraih, berebut, menyampaikan

D. tersohor, meraih, bertarung, menyampaikan

7. Cermatilah paragraf berikut!

Penduduk di Pulau Jawa harus bersabar menanti hujan. Berdasar […] Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), secara umum musim hujan pada 2019 terlambat datang. Selain itu, masa […] dari musim kemarau ke musim hujan diperkirakan dipenuhi berbagai kejadian cuaca […].

Sumber: jawapos.com dengan pengubahan

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah …

A. prakiraan, transisi, ekstrim.

B. perkiraan, transitif, ekstrem.

C. perkiraan, transisi, ekstrim.

D. prakiraan, transisi, ekstrem.

Soal Lainnya ada di bawah ini

Download Lengkap Soal + Kunci Jawaban