Contoh Tautan dengan Gambar masbabal
Contoh Tautan dengan Gambar masbabal

Cara Cek Formasi CPNS 2024 secara Online

Cara Cek Formasi CPNS 2024

Cek Formasi CPNS 2024 – Pengecekan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 bisa dilakukan melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), https://sscasn.bkn.go.id

Seperti diketahui, tahun ini pemerintah kembali mengadakan seleksi CPNS, dengan alokasi kebutuhan sebanyak 690.822 formasi. 

Dalam seleksi CASN 2024, lowongan CPNS dibuka untuk instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 

Sejauh ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), juga telah menerima usulan kebutuhan ASN dari instansi pusat maupun daerah. Lantas, bagaimana cara cek formasi CPNS 2024 secara online?

Cara cek formasi CPNS 2024

Adapun tata cara untuk cek formasi CPNS 2024 secara online laman sebagai berikut:

  1. Akses laman https://sscasn.bkn.go.id
  2. Di halaman awal akan muncul Portal ASN Karier
  3. Masukkan tingkat pendidikan, bisa diisi dengan lulusan terakhir
  4. Pilih jurusan pendidikan
  5. Masukkan nama instansi yang dimaksudkan
  6. Isikan Jenis Pengadaan, pilih CPNS
  7. Setelah itu, klik tombol ‘Cari’.

Nantinya sistem SSCASN secara otomatis akan memunculkan formasi CPNS sesuai data yang dimasukkan.

Meski begitu, sampai artikel ini ditayangkan, data yang tersedia dalam portal SSCASN masih seleksi CPNS tahun lalu. 

Menurut informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), formasi CPNS 2024 akan muncul dalam laman SSCASN setelah pemerintah secara resmi mengumumkan pembukaan seleksi CASN 2024. 

Selain melalui laman SSCASN, pelamar juga bisa mengecek formasi CPNS 2024 melalui laman resmi masing-masing kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang membuka lowongan CPNS.

Sebagai informasi, pendaftaran seleksi CASN 2024 hanya bisa dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

Tahun lalu, seluruh pelamar wajib membuat akun baru SSCASN, termasuk bagi pelamar yang sudah pernah mengikutyang membutuhkan akui seleksi CPNS sebelumnya.

Baca Juga  Presiden Jokowi Umumkan Rekrutmen ASN 2024

Terkait dengan persyaratan atau kualifikasi setiap posisi jabatan yang dibuka, pelamar dapat membuka laman instansi masing-masing atau melalui portal ASN Karier. 

Untuk diketahui, portal ASN Karier menjabarkan informasi mengenai uraian tugas dari posisi yang dibuka, persyaratan umum dan khusus, hingga gaji yang akan diperoleh dari jabatan tersebut.