Contoh Tautan dengan Gambar masbabal
Contoh Tautan dengan Gambar masbabal

Manfaat Penyusunan P5 Pada Kurikulum Merdeka

Manfaat Penyusunan P5 Pada Kurikulum Merdeka

Manfaat Penyusunan P5 Pada Kurikulum Merdeka – P5 merupakan kepanjangan dari (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Ini merupakan projek bagian dari kurikulum merdeka yang berfokus untuk pengembangan kompetensi dan karatkter bagi pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting sesuai konteks yang nyata.

Dalam pelaksaan P5 erat dengan keseharian dan proses belajar mengajar bukan pada hasil produk.

Projek P5 ini untuk menanamkan karakter bagi pelajar berdasarkan nilai pancasila. Hal ini untuk memperhatikan secara internal dan eksternal bagi pelajar.

Contohnya untuk memberikan perhatian mengenai ideologi pancasila kepada pelajar dan faktor eksternalnya untuk memberikan tantangan di era digital bagi pelajar.

Dalam P5 ini untuk jadikan pelajar yang unggul dan produktif dan dapat berpatisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan.

P5 memberikan ruang bagi seluruh anggota satuan pendidikan agar dapat mempraktikkan profil pelajar Pancasila. Sementara manfaat dari P5 ini sendiri berbeda-beda di setiap pihak, sebagai berikut:

Bagi Satuan Pendidikan

Menjadikan satuan pendidikan sebagai ekosistem yang terbuka dalam hal partisipasi serta keterlibatan masyarakat.

Menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah organisasi pembelajaran yang memiliki kontribusi pada lingkungan maupun komunitas yang ada di sekitarnya.

Pelaksanaan P5 Bagi Pelajar 

Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila? Mari kita simak penjelasan pelaksanaan P5 dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Pelaksaan P5 bersifat fleksibel dari segi muatan, kegiatan, waktu pelaksaan sesuai denga kbutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan, sehinga dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

Fokus P5 adalah proses pembelajaran yang mampu mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar, bukan semata-mata pada hasil/produk.

Dengan adanya P5, para pelajar dapat bergotong royong untuk merencanakan, menfasilitasi, dan menjalankan asesmen yang esensial bagi pelajar.

Baca Juga  Penyusunan Perencanaan Kinerja untuk Guru dengan Jenjang SD SMP SMA

Bagi para pelajar dapat memiliki tema atau isu penting P5  yang relevan sehingga pelajar dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.

Penelusuran terkait

p5 kurikulum merdeka sma

p5 kurikulum merdeka adalah

contoh laporan p5 kurikulum merdeka

modul p5 kurikulum merdeka

tugas p5 kurikulum merdeka

contoh tugas p5

merancang p5 kurikulum merdeka

projek penguatan profil pelajar pancasila (p5)