Contoh Tautan dengan Gambar masbabal
Contoh Tautan dengan Gambar masbabal

Apakah Honorer Punya Peluang Jadi PNS Sebelum 2023, Ini Syaratnya!

Apakah Honorer Punya Peluang Jadi PNS Sebelum 2023 Ini Syaratnya
Apakah Honorer Punya Peluang Jadi PNS Sebelum 2023, Ini Syaratnya!

Honorer Punya Peluang Jadi PNS – Pemerintah tidak akan lagi mempekerjakan honorer pada 2023 mendatang. Meski demikian, selama kurang dari setahun ini, honorer akan diberikan kesempatan apabila ingin diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Tentunya ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi honorer.

Pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS akan diprioritaskan untuk sejumlah sektor, mulai dari tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian/perikanan/peternakan, dan tenaga teknis yang sangat dibutuhkan pemerintah.

Aturan mengenai syarat tenaga honorer yang hendak menjadi CPNS terdapat dalam PP 48/2005. Beleid itu menyebut kriteria pegawai honorer untuk menjadi CPNS, khususnya diutamakan yang telah mengabdi paling lama di instansi pemerintah.

“Dalam PP tersebut, tertulis bahwa THK-II (pegawai honorer) diberikan kesempatan untuk seleksi (CPNS) satu kali,” kata Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mohammad Averrouce kepada CNBC Indonesia.

Baca Juga  Satpam-Cleaning Service Tak Masuk Pendataan Non-ASN Sebelum Honorer Mau Dihapus