Makalah Dorothea E Orem Lengkap pdf

Makalah Dorothea E. Orem Lengkap pdf

Makalah Dorothea E Orem, Dorothea E. Orem merupakan salah seorang teoritis keperawatan terkemuka di Amerika. Dorothe E. Orem lahir di Baltimore, Maryland di tahun 1914. Ia memperoleh gelar sarjana keperawatan pada tahun 1939 dan Master Keperawatan pada tahun 1945. Selama karir profesionalnya, dia bekerja sebagai seorang staf keperawatan, perawat pribadi, perawat pendidik dan administrasi, serta perawat konsultan.
Baca Juga : Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

BAB I PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Dorothea E. Orem merupakan salah seorang teoritis keperawatan terkemuka di Amerika. Dorothe E. Orem lahir di Baltimore, Maryland di tahun 1914. Ia memperoleh gelar sarjana keperawatan pada tahun 1939 dan Master Keperawatan pada tahun 1945. Selama karir profesionalnya, dia bekerja sebagai seorang staf keperawatan, perawat pribadi, perawat pendidik dan administrasi, serta perawat konsultan.

Model konsep menurut Dorothea E. Orem yang dikenal dengan model Self Care memberikan pengertian jelas bahwa bentuk pelayanan keperawatan dipandang dari suatu pelaksanaan kegiatan dapat dilakukan individu dalam memenuhi kebutuhan dasar dengan tujuan mempertahankan kehidupan,kesehatan,kesejahteraan sesuai dengan keadaan sehat dan sakit.Ia pertama kali mempubilkasikan ide-idenya dalam “Keperawatan : Konsep praktik”, pada tahun 1971, yang kedua pada tahun 1980 dan yang terakhir di tahun 1995.
Dalam pemahaman konsep keperawatan khususnya dalam pandangan dalam pemenuhan kebutuhan dasar, Orem membagi dalam kelompok kebutuhan dasar yang terdiri dari pemeliharaan dalam pengambilan udara (oksigenasi), pemeliharaan pengambilan air,pemeliharaan dalam pengambilan makanan,pemeliharaan kebutuhan proses eliminasi,pemeliharaan keseimbangan aktivitas dan istirahat,pemeliharaan dalam keseimbangan antara kesendirian dan interaksi sosial,kebutuhan akan pencegahan pada kehidupan manusia dalam keadaan sehat dan kebutuhan dalam perkembangan kelompok sosial sesuai dengan potensi,pengetahuan dan keinginan manusia.

Baca Juga  Makalah Dakwah Rasulullah di Madinah
Bagaimana Sejarah Dorothea E. Orem, Menjelaskan biografi Dorothea E. Orem, Menjelaskan teori yang dikemukakan olehDorothea Orem meliputi : teori self care,teori self care deficit, teori nursing system. Menjelaskan model keperawatan orem secara umum. Menjelaskan perbedaan  Teori Orem dan Proses Keperawatan, Menjelaskan kekuatan dan kelemahan Teori Orem, Paradigma Keperawatan Menurut Dorothea E. Orem, Apa Karakteristik Keperawatan Menurut Dorothea E. Orem, Asuhan Keperawatan Menurut Dorothea E. Orem,

B.  Rumusan Masalah

  • Bagaimana Sejarah Dorothea E. Orem ?
  • Menjelaskan biografi Dorothea E. Orem
  • Menjelaskan teori yang dikemukakan olehDorothea Orem meliputi : teori self care,teori self care deficit, teori nursing system.
  • Menjelaskan model keperawatan orem secara umum.
  • Menjelaskan perbedaan  Teori Orem dan Proses Keperawatan
  • Menjelaskan kekuatan dan kelemahan Teori Orem
  • Paradigma Keperawatan Menurut Dorothea E. Orem ?
  • Apa Karakteristik Keperawatan Menurut Dorothea E. Orem ?
  • Asuhan Keperawatan Menurut Dorothea E. Orem ?

C.  Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memahami sejarah dan untuk mengetahui tentang Dorothea Orem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *