Contoh Tautan dengan Gambar masbabal
Contoh Tautan dengan Gambar masbabal

Makalah Konsep Berubah Dalam Keperawatan PDF

Makalah Konsep Berubah Dalam Keperawatan PDF

Tipe 20Proses 20Motivasi 20Strategi 20Model 20Hambatan 20dan 20Perubahan 20Dalam 20Keperawatan

Makalah Kesehatan – Makalah Konsep Berubah Dalam Keperawatan PDF

Tujuan Penulisan Makalah

  1. Mendefinisikan konsep berubah dan sifat perubahan
  2. Mendefinisikan  konteks, tipe, dan strategi berubah
  3. Mendefinisikan konsep berubah dalam keperawatan (Tahap-tahap dalam perubahan)
  4. Mendefinisikan reaksi terhadap perubahan
  5. Mendefinisikan ekologi perubahan
  6. Mendefinisikan perubahan dalam keperawatan
  7. Mendefinisikan penerapan proses berubah dan mendefinisikan issu dalam perkembangan keperawatan
  8. Mengaplikasikan model konsep berubah dalam manajemen keperawatan

Latar Belakang Masalah

Perubahan dapat terjadi setiap saat, dan merupakan proses yang dinamik serta tidak dapat dielakkan. Berubah berarti beranjak dari keadaan yang semula. Tanpa berubah tidak ada pertumbuhan dan tidak ada dorongan. Namun dengan berubah terjadi ketakutan, kebingungan dan kegagalan dan kegembiraan. Setiap orang dapat memberikan perubahan pada orang lain.

Merubah orang lain dapat bersifat implisit dan eksplisit atau bersifat tertutup dan terbuka. Kenyataan ini penting khususnya dalam kepemimpinan dan manajemen. Pemimpin secara konstan mencoba menggerakkkan sistem dari satu titik ke titik lainnya untuk memecahkan masalah.

Maka secara konstan pemimpin mengembangkan strategi untuk merubah orang lain dan memecahkan masalah.

Pengertian Konsep Berubah dan Sifat Perubahan

Banyak pakar mendefinisikan tentang berubah diantaranya; berubah menurut Atkinson (1987) merupakan kegiatan atau proses yang membuat sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya.

Pendapat lain menjelaskan bahwa berubah merupakan proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi (Brooten,1978) berubah adalah cara seseorang bertumbuh, berkembang dan beradaptasi.

Perubahan dapat positif atau negatif terencana atau tidak terencana. Perubahan adalah proses membuat sesuatu yang berbeda dari sebelumnya (Sullivan dan Decker, 2001). Jadi Perubahan adalah suatu proses dimana terjadinya peralihan atau perpindahan dari status tetap (statis) menjadi status yang bersifat dinamis. Artinya dapat menyesuaikan diri dari lingkungan yang ada  Mother Instink.

Baca Juga  Link Soal PPPK Kebidanan Beserta Kunci Jawaban pdf Part 5

Pekerjaan keperawatan  sudah ada sejak manusia diciptakan, keperawatan  ada sebagai suatu naluri (instink).

Menurut Lascaster (1982), proses perubahan memiliki tiga sifat. Diantaranya perubahan bersifat berkembang, spontan dan direncanakan.

1. Perubahan bersifat berkembang

Sifat perubahan ini mengikuti dari proses perkembangan yang ada baik pada individu, kelompok atau masyarakat secara umum. Proses perkembangan dimulai dari keadaan atau yang paling dasar menuju keadaan yang optimal atau matang, sebagaimana dalam perkembangan manusia sebagai mahluk individu yang memiliki sifat fisik yang selalu berubah dalam tingkat pekembangannya.

2. Perubahan bersifat spontan

Sifat perubahan ini terjadi karena keadaan yang dapat memberikan respons tersendiri terhadap kejadian-kejadian yang bersifat alamiah yang diluar kehendak manusia, yang tidak dapat diramalkan atau diprediksi sehingga sulit untuk diatisipasi seperti perubahan keadaan alam, tanah longsor, banjir dan lain-lain. Semuanya akan menimbulkan terjadi perubahan baik dalam diri, kelompo atau masyarakat, bahkan pada sistem yang mengaturnya.

3. Perubahan bersifat direncanakan

Perubahan yang bersifat direncanakan ini dilakukan bagi individu, kelompok atau masyarakat yang ingin mengadakan perubahan kearah yang lebih maju atau mencapai tingkat perembangan yang lebih baik dari keadaan sebelumnya, sebagaimana perkembangan profesi keperawatan tidak terlepas dari konsep berubah yang dimiliki oleh para praktisi, akademis atau seseorang yang masih ingin mengembangkan keperawatan, yang memiliki keyakinan dan teori perubahan yang dimiliknya.

Download Makalah Konsep Berubah Dalam Keperawatan PDF

DOCX     PDF