Mengenal Siapa Dito Ariotedjo, Sosok Menpora Baru yang akan Dilantik Presiden Jokowi?

Siapa Dito Ariotedjo Sosok Menpora Baru yang akan Dilantik Presiden Jokowi

IlmuRakyat.Com– Profil Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) baru yang akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini, Senin (3/4/2023).

Melansir dari Harian Kompas, laki-laki yang memiliki nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo tersebut selama ini dikenal sebagai anggota tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak April 2022.

“Sementara waktu resmi di Kemenko Perekonomian dulu, belajar-belajar pemerintahan sebagai stafsus bidang hubungan antarlembaga,” kata Dito dilansir dari Kabar Golkar, Rabu 13 April 2022.

Ia merupakan politisi muda partai Golkar yang bergabung dengan partai berlambang pohon beringin itu pada 2016.

Laki-laki yang lahir di Jakarta pada 25 September 1990 itu juga pernah menjadi Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Dito menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Saat itu, ia pernah menjabat sebagai Ketua Kajian Strategis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI.

Ia juga sempat aktif mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Pada tahun 2018, ia pernah dipercaya oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olimpiade Indonesia untuk menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia pada perhelatan Youth Olympic Games 2018 yang diselenggarakan di Buenos Aires, Argentina.

Ia juga berkolaborasi bersama artis Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor, Rudy Salim, untuk membentuk Rans Sport.

Kini dirinya menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC, klub sepak bola yang berbasis di Jakarta. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Chairman RANS PIK Basketball.

Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melantik Dito sebagai Menpora pada Senin (3/4) sore.

Dito Ariotedjo akan menggantikan Zainudin Amali yang telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menpora pada 9 Maret 2023.

Baca Juga  Jadi Menpora, Dito Ariotedjo Siap Tinggalkan RANS : Agar Tak Ada Konflik Kepentingan

Menurut sumber Harian KOMPAS yang merupakan pejabat di lingkungan Istana dan tidak mau disebutkan namanya, pengisi jabatan Menpora sudah ada sejak Sabtu (1/4).

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan akan melatik Menpora baru pada pekan ini.

“Minggu depan,” kata Presiden saat ditanya wartawan tentang kapan pelantikan Menpora di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3).

Selain melantik Menpora baru, Jokowi juga dijadwalkan akan melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang akan diisi oleh Komisaris Jenderal (Pol) Rycko Amelza Dahniel. Sumber: KOMPAS.TV