Contoh Tautan dengan Gambar masbabal
Contoh Tautan dengan Gambar masbabal

Pembinaan Kinerja – Bagaimana Cara Guru Mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Setelah Observasi Pembelajaran di PMM

Guru Mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Setelah Observasi Pembelajaran di PMM

IlmuRakyat.Com – Jika Kepala Sekolah sudah melakukan observasi kelas, Anda bisa klik ‘Isi Dokumen’ Pembinaan Kinerja untuk mengisi dokumen tindak lanjut dan melihat hasil penilaian observasi.

Setelah dilakukan observasi pembelajaran dan guru sudah mengisi dokumen tindak lanjut di PMM maka tahap pelaksanaan praktik kinerja berikutnya adalah Isi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut.

Tahapan Isi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut ini merupakan bagian dari pembinaan kinerja oleh kepala sekolah atau unsur pimpinan yang lain.

Guru Mengisi Dokumen Refleksi Tindak Lanjut Setelah Observasi Pembelajaran di PMM

Pada tahap ini, guru berdiskusi dengan atasan yaitu kepala sekolah atau tim yang ditunjuk untuk mengisi capaian, tantangan, dan upaya perbaikan.

Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh guru dan diisi di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Jawaban guru hendaknya disesuaikan dengan isi dokumen tindak lanjut yang telah diisikan sebelumnya.

Berikut beberapa pertanyaan yang ada pada Formulir Refleksi Tindak Lanjut dan contoh jawaban yang bisa digunakan oleh guru.

1.Apa inspirasi baru yang Anda dapatkan dari upaya tindak lanjut?

Contoh jawaban yang bisa digunakan antara lain:

  1. Melalui refleksi atas tindakan yang telah dilakukan, saya menemukan ide baru bagaimana mengajar suatu konsep di kelas dengan cara yang lebih efektif untuk menyampaikannya.
  2. Dari diskusi dan kolaborasi dengan rekan kerja, saya mendapatkan wawasan baru dan solusi untuk tantangan yang dihadapi.
  3. Setelah mengikuti pelatihan, saya mendapat kesempatan untuk belajar dari ahli di bidang tertentu dan memperoleh inspirasi dari materi yang disampaikan narasumber.
  4. Setelah mengikuti seminar, saya mendapatkan ide cara menangani siswa dari narasumber dan interaksi dengan peserta lain.

2. Berdasarkan inspirasi yang Anda dapatkan, apa perubahan praktik Anda di ruang kelas/satuan pendidikan yang telah Anda lakukan?

Contoh jawaban yang bisa digunakan antara lain:

Baca Juga  Hal yang perlu dilakukan sebelum menyusun Alur Tujuan Pembelajaran adalah
  1. Saya mendapatkan umpan balik dari murid yang menyadarkan bahwa diantara mereka ada yang khawatir masuk ke dalam kelompok yang tidak efektif
  2. Saya berusaha menumbuhkan suasana belajar yang menyenangkan bagi murid di dalam kelas.
  3. Saya mulai memanfaatkan teknologi agar proses belajar lebih efektif dan menarik bagi murid.
  4. Saya bersikap lebih ramah dalam menyambut murid lebih memperhatikan sikap yang ditunjukkan oleh mereka saat pembelajaran berlangsung.
  5. Saya berusaha memastikan semua murid telah mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

3. Apa 3 tantangan paling sulit yang akan Anda hadapi dalam melakukan perubahan tersebut?

Contoh jawaban yang bisa digunakan antara lain:

  1. Sulitnya melakukan perubahan itu karena ada beberapa orang merasa nyaman dengan cara lama dan tidak ingin berubah. Banyak yang takut akan hal yang belum diketahui atau merasa bahwa perubahan akan terlalu banyak pekerjaan.
  2. Kurangnya waktu dan sumber daya karena melakukan perubahan membutuhkan waktu dan sumber daya. Saya merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempelajari metode baru atau melakukan pelatihan yang dibutuhkan.
  3. Sekolah tidak memiliki sumber daya atau dana untuk menyediakan teknologi baru atau sarana pembelajaran yang saya butuhkan.
  4. Guru kurang terampil dalam menerapkan perubahan yang akan dilakukan dan perlu belajar menggunakan teknologi baru atau bagaimana mengajar dengan cara berbeda.

4. Bagaimana rencana Anda dalam mengatasi tantangan tersebut agar bisa memastikan perubahan terjadi?

Contoh jawaban yang bisa digunakan antara lain:

  1. Melakukan komunikasi tentang tujuan perubahan dan bagaimana hal itu akan menguntungkan semua pihak serta membantu mengatasi keraguan diantara mereka.
  2. Untuk kurangnya waktu dan sumber daya bisa memberikan jawaban akan memprioritaskan perubahan yang paling penting dan mencari cara untuk menggunakan sumber daya yang ada secara lebih efektif.
  3. Mencari sumber daya tambahan dari luar, misalnya dari organisasi nirlaba atau perusahaan swasta yang ada di sekitar sekolah.
  4. Menggunakan teknologi untuk menghemat waktu dalam melakukan pekerjaan administrasi maupun pembelajaran.
Baca Juga  Soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 5 Menyesuaikan Visi Misi dan Tujuan Satuan Pendidikan di Tahap Mahir

Demikianlah beberapa pertanyaan yang ada pada Formulir Refleksi Tindak Lanjut di PMM dan contoh jawaban yang bisa digunakan oleh guru.

Setiap guru dapat memberikan jawaban yang berbeda sesuai dengan kondisi dan keadaan masing-masing.

Disamping itu guru juga perlu memperhatikan program sekolah dan berdiskusi dengan kepala sekolah